Kenapa Wallpaper Komputer Tidak Bisa Diganti?

Salah satu aspek yang paling disukai pengguna PC adalah mengubah penampilan sistem operasi mereka. Secara umum, Windows memiliki pengaturan berbeda yang dapat digunakan untuk menyesuaikan seluruh sistem.

Namun, ada kalanya kita sudah cukup puas hanya dengan bisa mengubah wallpaper pada desktop. Meskipun ini adalah tugas yang sangat sederhana, namun akan terasa jengkel jika kita tak bisa mengubahnya. Jadi, kenapa wallpaper komputer tidak bisa diganti?

Penyebab wallpaper komputer/laptop tidak bisa di ganti

Mengganti wallpaper adalah proses yang cukup sederhana dan seharusnya tidak menimbulkan masalah apa pun. Namun ada kalanya beberapa pengguna mengalami masalah.

Dalam bebetapa kasus seringkali muncul pesan kesalahan yang mencegah kita mengatur wallpaper untuk layar. Namun, apa penyebab wallpaper komputer tidak bisa diganti? Mari kita cari bersama.

Mungkin masih banyak orang yang meragukan apakah bisa menggunakan Windows 10 tanpa aktivasi. Jawabannya, ya bisa. Namun, ada sejumlah keterbatasan yang menyangkut penyesuaian sistem.

Dan mengubah wallpaper adalah salah satu opsi yang dinonaktifkan dalam sistem. Dan untuk memeriksa apakah versi sistem kamu diaktifkan atau tidak cukup mudah.

Yang harus kamu lakukan adalah membuka pengaturan sistem, pilih opsi Update and Security, lalu Aktivasi. Di sana kita akan diperlihatkan pesan yang menunjukkan apakah Windows 10 diaktifkan dengan benar atau tidak.

Cara Mengatasi

Yang harus kita lakukan adalah mengikuti pemeriksaan secara bertahap. Dan berikut cara mengatasinya ada di bawah ini.

1. Restart Komputer

Pada sebagian besar kasus, me-reboot sistem bisa lebih dari cukup untuk membantu kita memecahkan masalah. Fungsi ini bisa menjadi jalan keluar yang bagus.

Merestart komputer akan sangat efektif jika ada sesuatu dalam sistem yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Memulai ulang sistem operasi akan menghapus semua program dan tindakan yang berjalan.

Kita juga harus memeriksa apakah kita memiliki pembaruan Windows yang tertunda. Jika demikian, instal dan kemudian periksa apakah itu memungkinkan kita untuk mengubah wallpaper di desktop kita.

Untuk memeriksa apakah ada pembaruan yang tertunda. Kamu bisa menekan pintasan Windows + I dan klik update and security. Jika ada installah untuk memastikan apakah tindakan ini bisa menyelesaikan masalah.

2. Periksa Status Aktivasi Windows

Langkah berikutnya, adalah periksa status aktivasi windows. Perlu kita ketahui jika salinan sistem tidak diaktifkan, tidak mungkin untuk mengubah wallpaper desktop.

Jika semuanya sudah benar, tetapi masih tidak dapat mengubah wallpaper desktop, kamu harus memeriksa bahwa mengubah wallpaper diaktifkan di sistem.

3. Gunakan Registry Editor

Opsi lain untuk mengaktifkan perubahan wallpaper adalah dengan menggunakan Windows Registry Editor. Cara ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki Windows 10 versi Home.

Untuk melakukannya, gunakan pintasan keyboard Windows + R untuk meluncurkan perintah. Lalu ketikan “regedit” dan tekan Enter.

Kemudian kita harus menavigasi ke jalur berikut:

HKEY_CURRENT_USER / SOFTWARE / Microsoft / Microsoft / Windows / CurrentVersion / Policies / ActiveDesktop Editor-of-Windows-registry-value-NoChangingWallPaper-en-0.

Setelah di sini, cari entri “NoChangingWallPaper” di panel kanan dan klik dua kali di atasnya. Di jendela baru, kita harus memastikan bahwa nilainya adalah “0”.

Klik Ok dan lanjutkan untuk menutup Registry Editor. Dengan perubahan ini, kita seharusnya tidak memiliki masalah dalam mengubah wallpaper desktop kita.