Cara Memperkecil Ukuran Foto Untuk Wallpaper

Wallpaper bisa menampilkan beragam gambar yang memiliki makna bagi kamu. Kamu bisa memajang foto keluarga, tim favorit atau menampilkan hobimu.

Namun, jika gambar kamu terlalu kecil untuk layar, mungkin gambar itu akan menghilang. Dan parahnya jika terlalu besar, sebagiannya mungkin tidak akan nampak.

Untuk itu mengetahui cara ara memperkecil ukuran foto untuk wallpaper akan sangat berguna. Dan kali ini kami punya ulasannya di bawah ini.

Cara Perkecil Ukuran Wallpaper

Jika kamu punya gambar dan tidak tahu cara memfilter berdasarkan resolusi, maka itu bukan hal yang baik. Untuk itu kamu bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1 : Klik kanan pada desktop dan pilih “Personalization”. Dari sini kamu akan langsung menuju menu “background”. Lalu skroll kebawah pada bagian opsi ‘choose a fit’.

Disana akan ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih. Ada 6 opsi yang bisa kamu pilih yakni Fill, Fit, Stretch, Tile, Center, dan Span. Pilih salah satunya.

Jika opsi Windows masih tidak cocok, kamu perlu mengubah ukuran wallpaper agar sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar wallpaper bisa tampil sempurna.

Kamu bisa memperkecil ukuran gambar, mengompres gambar resolusi tinggi dan mengubah rasio aspek. Hal diatas bisa membuat wallpaper sesuai dengan bingkai monitor.

Namun, sebelum mengatur wallpaper, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti ukuran layar. Bisa jadi gambar yang dipilih mungkin lebih besar atau lebih kecil, jadi kamu perlu mengetahui ukuran monitor terlebih dulu.

Mengukur monitor dalam sentimeter pun tidaklah cukup, kamu harus tahu berapa banyak piksel yang muat pada monitor. Setelah itu barulah pilih wallpaper kesukaan.

Langkah 2 : Jika wallpaper pilihan kamu masih belum sesuai kamu bisa menyesuaikannya dengan aplikasi. Yang paling mudah dan sederhana dengan memakai aplikasi paint. Paint adalah aplikasi built in windows, jadi kamu tak usah repot download dulu.

Langkah 3 : Buka gambar menggunakan paint. Kemudian, klik menu resize di bagian atas. Setelah itu akan muncul opsi mengubah ukuran.

Langkah 4 : Ada dua opsi yang tersedia yakni mengubah ukuran berdasar persentase atau berdasar piksel.

Pilihlah opsi piksel dan pastikan sebelumnya kamu sudah tahu resolusi layar. Lalu, masukan angka sesuai piksel monitor kamu pada kolom horizontal dan vertical. Klik OK.

Cara di atas akan sangat membantu kamu jika gambar yang sangat besar dipasang di monitor kita. Jika kamu menerapkan wallpaper yang terlalu besar biasanya bagian tengahnya saja yang terlihat.

Berapa Ukuran ideal untuk wallpaper?

Ukuran standar gambar untuk memastikan konfigurasi wallpaper yang baik adalah resolusi 1024 x 768. Namun ada juga cara yang lain yakni dengan melihat aspek rasionya.

Sebagian besar monitor saat ini beroperasi dalam format 16.9. Monitor ini juga dikenal dengan “widescreen” di mana gambar 1020 x 1080 piksel ditampilkan secara optimal.

Sedangkan monitor sebelumnya biasanya memiliki format 4.3 di mana gambar beresolusi 800×600 piksel sangat ideal.

Meskipun dalam beberapa kasus gambar besar bisa ditampilkan namun hal itu sangatlah jarang. Dan perlu dicatat jika kondisi ini juag berlaku untuk semua layar termasuk handphone.