Cara Cek Layar Laptop Berapa Inch

Monitor komputer tersedia dalam beragam ukuran mulai dari 13 hingga 43 inchi. Bahkan kamu dapat memanfaatkan TV sebagai monitor, dengan ukuran layar 84 inci atau lebih.

Sementara itu, layar laptop umumnya berkisar dari 11,6 hingga 17 inci. Meskipun teknologi sudah semakin canggih namun laptop dengan monitor besar biasanya harganya juga lumayan mahal.

Cara mengetahui Ukuran Layar Laptop

Laptop memang sedikit berbeda dengan komputer PC. Alasannya karena laptop memiliki fitur dan portabilitas yang dimiliki.

Namun untuk cara mengetahui ukuran layar latop dan komputer PC kurang lebih sama. Untuk desktop dan laptop, monitor atau layar diukur dari sudut kiri atas ke sudut kanan bawah, dalam satuan inci.

Cara mengukur Layar laptop Menggunakan Meteran/Pita Ukur

Ukuran monitor komputer laptop ditentukan dengan mengukur layar secara fisik. Kamu bisa mengetahui cara mengukur layar laptop menggunakan meteran/pita pengukur.

Caranya cukup sederhana, mulailah ukur dari sudut kiri atas dan tarik secara diagonal ke sudut kanan bawah. Pastikan kamu hanya mengukur layar, jangan sampai menyertakan bezel (tepi plastik) di sekitar layar.

Cara Mengukur Layar Laptop Tanpa Meteran/pita Ukur

  1. Melihat Nomer Model (Model Number)

Semua laptop yang beredar di pasaran telah dilengkapai nomer model atau Model number. Nomer itu dibuat secara unik oleh pabrikan laptop. Nah, dengan model number ini kami bisa mendapatkan beragam informasi mengenai laptopmu, termasuk ukuran layar.

Contohnya, laptop merek acer dengan model number S291HL memiliki ukuran layar 20 inch. Kamu bisa tahu ukuran layar laptop itu dari angka yang tertera setelah huruf ‘S’. Sebagi info, umumnya model number laptop diawali oleh satu atau dua huruf dan kemudian dilanjutkan dengan ukuran display laptop.

  1. Gunakan Spesifikasi Model Laptop

Cara mudah untuk mengetahui ukuran layar lapto kamu adalah dengan memeriksa fitur model laptop. Spesifikasi ini biasanya ada di casing/kemsan laptop yang kamu miliki. Selain itu, info spesifikasi tersebut juag ada di buku manual laptop.

Atau kamu bisa melihatnya pada bagian bawah prangkat laptop kamu. Disana biasanya juga tersedia info spesifikasi dari laptop. Jika tidak ada, setidaknya ada model number yang bisa kamu gunakan.

Dengan cara di atas kamu seharusnya bisa mengetahui ukuran layar lapyopmu dengan mudah. Jika tidak, ada yang lebih sederhana lagi dengan menngunakan fitur display setting di perangkat laptop.

Langkah 1 : Pilih tombol ‘setting’ kemudian klik ikon pertama yang bernama ‘system‘.

Langkah 2 : Setelah itu, akan muncul jendela seperti di bawah ini. Lalu pilihlah menu ‘advenced display setting’.

Langkah 3 : Jika sudah, maka informasi mengenai layar lapto kamu akan muncul pada jendela berikutnya.

  1. Searching di web

Sebelum searching, pastikan kamu tahu merek dan model laptop kamu. Kamu bisa mengetahui nomer model laptopmu pada bagian bawah perangkat laptop.

Jika sudah, ketiklah nama laptop beserta modelnya di mesin pencarian google atau bing. Selain itu, kamu juga bisa langsung masuk ke laman resmi dari pabrikan laptopmu. Nah setelah itu, kamu tinggal pilih saja hasil pencarian mana yang paling relevan dengan laptpmu.