Layar Laptop Hanya Muncul Wallpaper

Windows adalah sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan di dunia. Kinerjanya pun terus-menerus diperbarui oleh microsoft.

Namun demikian, seringkali beberapa kesalahan yang mengganggu muncul. Salah satu kesalahan yang mungkin kita temui adalah layar yang hanya memunculkan wallpaper saja.

Jika kita menjadi korban, kita pasti akan berpikir keras. Bagaimana hal itu terjadi atau kesalahan apa yang kita lakukan sehingga membuatnya terjadi. Untungnya, ini adalah kesalahan umum, dan bisa diperbaiki dengan mudah.

Penyebab Layar Laptop/Komputer Hanya Muncul Wallpaper

Munculnya kesalahan layar laptop/komputer hanya muncul wallpaper biasanya terjadi dalam berbagai keadaan. Entah saat kita menggunakannya, atau ketika kita memulai atau bahkan ketika kita mematikan komputer.

Kesalahan ini memang sedikit aneh dan berbeda dari yang lain. Karena kita tidak akan melihat pesan apa pun tentang masalah tersebut, hanya muncul wallpaper saja.

Masalah ini terjadi karena adanya virus atau malware yang menyerang. Jadi, selalu pastikan ada aplikasi antivirus yang terpasang.

Cara Mengatasi

Cara mengatasi layar laptop/komputer hanya muncul wallpaper cukup mudah. Kamu cukup kombinasi Ctrl + Alt + Del. Ini adalah pintasan Windows untuk mengakses beberapa opsi penting dari sistem operasi. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pilih opsi Task Manager
  • Di tab File, pilih ‘Run’
  • Atau bisa gunakan pintasan kombinasi Rindows + R
  • Ketik Explorer dan centang opsi dengan izin administratif
  • Klik OK/Enter.

Setelah itu tunggulah beberapa saat. Cara ini adalah solusi sementara yang dapat membantu mneyelesaikan masalah. Jadi, karena masalah ini disebabkan oleh virus/malware, pastikan untuk scan dengan antivirus ya.